Tips Menulis Ala Raditya Dika

Siapa sangka blog kambingjantan.com milik Dika Angkasaputra Moerwani (Raditya Dika) sangat sukses dipasaran, blog yang kini telah berganti nama Radityadika.com ini dahulunya hanya berisikan pengalaman pribadi seorang mahasiswa yang memilih berkuliah di Australia itu. Cerita-cerita menarik dan konyol yang dia alami ketika menjadi mahasiswa disana, menarik minat pembaca, sebelum akhirnya cerita pribadinya itu diminta oleh para fans untuk diterbitkan menjadi sebuah novel. Namun langkah Dika tak semudah yang diharapkan, karena beberapa penerbit menolak bahan novel yang Ia ajukan, sebelum akhirnya gagasmedia.com tertarik untuk mengangkat kisah pribadinya itu menjadi sebuah novel. Nahh.. buat kalian yang ingin sukses menjadi seorang penulis, berikut tips ala bang Raditya Dika

Tips Sukses Menjadi Penulis Ala Raditya Dika :
1.Mood Menulis Harus Dipaksa. Tak bisa dipungkiri, sebagai manusia tentu kita merasakan naik turunnya mood dalam menulis. Namun, dalam perjalanan sebagai penulis profesional, kita harus mengekesampingkan setiap mood buruk. Kita harus mensugesti diri jika tidak ada kata tidak mood. Kita harus tetap menulis apapun moodnya, meskipun hasilnya hancur, itu lebih baik daripada tidak menulis sama sekali. Toh, hasilnya nanti bisa kita edit lagi.

2.Komedi Bukanlah Ngelawak. Menurut Radit, komedi berbeda dengan ngelawak, melainkan sebuah persepsi yang unik. Komedi dibagi menjadi 2, yaitu observasional (pengamatan) dan situasional. Dalam komedi observasional, cakupannya adalah hal-hal yang memang sudah ada di sekeliling kita, namun belum menjadi komedi hingga kita bisa mengeksplorasinya. sedangkan komedi situasional adalah komedi yang tercipta dari hal-hal yang terjadi secara spontan. Pembuatan komedi berawal dari kegelisahan, observasi, imajinasi.

3.Penulis yang Baik Harus Berkarakter. Sebagai penulis yang akan menyandang predikat profesional, kita harus memiliki karakter tulisan sendiri, sehingga akan membentuk suatu keunikan yang tak tergantikan. Salah satu karakter yang dimaksud adalah gaya penulisan.

4.Harus Jujur. Maksudnya jujur dalam berkarya. Penulis yang baik harus jujur dengan karya yang dihasilkannya sendiri. Ide tulisan harus benar-benar lahir dari kegelisahan diri. Kuncinya, semakin mudah kita kesal terhadap suatu hal dan kritis, semakin mudah untuk menelurkan sebuah ide.

5.Menulislah Dengan Hati Dan Ciptakan Pasar. Beberapa penulis ternama tidak pernah berambisi menulis untuk mendapatkan uang atau terkenal. Contohnya Andrea Hirata yang menulis Laskar Pelangi. Novel itu berawal saat dia ingin gurunya Ibu Muslimah membaca tulisannya. Menjadi penulis harus bisa menciptakan pasar sendiri, bukan bertanya apa maunya pasar, tetapi tentang kegelisahan yang kita rasakan.
Demikianlah beberapa tips sukses menjadi penulis ala Raditya Dika. Semoga bermanfaat, selamat menulis, warnailah negeri ini dengan tinta karyamu :)
sumber(viva.co.id)

1 comments:

Unknown said...

Aku juga ngefans sama Raditya Dika :D kalo ada waktu bisa liat 7 keunikan raditya disini ya komen jg hehe nazmilaura.blogspot.com/2015/12/bukan-on-spot-7-keunikan-raditya-dika.html

Post a Comment